Diposkan pada Artikel

Jika Anda Ingin Melakukan Promosi Online, Pastikan Mengetahui Hal-Hal Berikut Ini

Facebook Marketing Tolls (FMT)
Facebook Marketing Tolls (FMT)

Melakukan promosi online sudah merupakan salah satu cara yang banyak dipilih oleh pebisnis. Berjualan di dunia maya sangat menjanjikan. Meskipun demikin tetap membutuhkan trik agar cara kia melakukakn promosi online memiliki perbedaan dengan penjual lain. Tidak dapat dipungkiri persaingan berjualan online semakin ketat, kekreatifitasan kita dalam memilih cara promosi online akan sangat berpengaruh terhadap penjualan barang kita.

Sebelum anda menentukan cara promosi online di internet perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini. Poin-poin dibawah ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk menentukan cara promosi Online produk yang Anda miliki.

  1. Jumlah Pengguna Masing-masing Jejaring Media Sosial

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar pengguna internet. Di Indonesia  Facebook memduduki peringkat pertama kemudian disusul oleh google plus, kemudian instagram. Sedangkan di dunia Google plus menduduki peringkat pertama. Meskipun demikian, masing-masing jejaring media sosial ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan melihat jumlah pengguna ini, Anda dapat menentukan cara promosi online produk yang Anda miliki. Jika barang yang Anda jual menyasar orang Indonesia, maka facebook adalah pilihan yang tepat tetapi jika barang yang akan Anda jual dalam skala ekspor maka google + dapat menjadi pilihan tepat dalam melakukan promosi online.

  1. Segmentasi Pengguna Media Sosial

Bagi Anda yang akan melakukan promosi online perlu memahami segmentasi pengguna media sosial agar dapat menentukan model penawaran. Berdasarkan penelitian pada tahun 2015 lalu diperoleh beberapa data penting. Pengguna facebook didomonasi oleh anak muda pada rentan usia 24-45 tahun dan kebanyakan yang menggunakan media ini adalah perempuan. Google plus adalah jejaring media sosial yang paling banyak digunakan di dunia, kebanyakan yang menggunakan google plus adalah kaum laki-laki. Pengguna Youtube biasanya di daerah yang memiliki koneksi internet lancar. Banyaknya kuota yang harus dikeluarkan oleh pengguna youtube memberikan pengaruh bagi pengakses youtube. Kebanyakan yang membuka youtube adalah orang yang terkoneksi dengan wifi.

Pemahaman Anda mengenai segmentasi pengguna media sosial ini dapat membantu Anda dalam menentukan cara promosi online. Bahasa gaul dan kekinian serta sarat pesan akan cocok digunakan untuk promosi bagi remaja. Menimbulkan kesan ekonomis, hemat, dan praktis dapat Anda gunakan untuk promosi di segmen ibu rumah tangga. Kesan glamour dan mahal dapat Anda munculkan bagi kaum sosialita. Terkesan simple, macho dapat Anda gunakan untuk produk khusus laki-laki. Pemilihan bahasa yang persuasif dan pengemasan atas keunggulan barang akan membuat pangsa pasar Anda yakin memilih barang tersebut.

  1. Waktu Penggunaan Media Sosial

Mengetahui waktu paling banyak pengguna internet online juga akan mebantu Anda dalam menentukan cara promosi Online. Waktu penggunaan media sosial dapat dijadikan dasar kapan mengunggah produk yang akan dijual. Terdapat waktu-waktu tertentu yang digunakan oleh peselancar dunia maya untuk aktif. Waktu pertama adalah saat istirahat makan siang. Membuka akun media sosial akan menjadi salah satu hiburan dan merefresh setelah setengah hari berkutat dengan pekerjaan. Saat pulang kantor, di kota-kota besar waktu pulang kantor mejadi puncak dari kemacetan. Tidak sedikit dari orang yang terjebak kemacetan akan membuka akun media sosialnya. Setengah delapan malam sampai dengan sembilan malam pengguna internet juga pada posisi paling banyak. Waktu-waktu tersebut sangat cocok untuk pengguna internet marketing untuk mengunggah barang dagangannya. Setiap kali pengguna media sosial melihat berandanya, maka barang Anda akan muncul. Bisa jadi waktu-waktu ini adalah waktu yang paling banyak terjadi transaksi. Maka, pastikan Anda terjaga.

Tiga hal di atas dapat Anda jadikan dasar pengetahuan untuk menentukan cara promosi online produk yang Anda miliki. Menggunakan bahasa sesuai dengan segmentasi barang kita adalah kata kunci dalam mengemas bahasa persuasif yang kita miliki.

#YouTubeMarketing Cara jitu menambang dollar dari YouTube.

Penulis:

Entrepreneur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s